Tips Memilih Desktop All in One PC Sesuai Kebutuhan

Tips Memilih Desktop All in One PC Sesuai Kebutuhan

Deskripsi: Desktop atau all-in-one PC memiliki keunggulan spesifikasi mumpuni dan alasan praktis. Tips berikut membantu Anda memilih all-in-one PC sesuai kebutuhan.

Merasa komputer terlalu merepotkan karena sulit untuk mobilitas? Anda bisa mempertimbangkan menggantinya dengan desktop atau komputer all in one (AIO). Merupakan teknologi yang menggabungkan CPU di dalam case monitor, sehingga membuat all-in-one PC menjadi lebih simpel dan praktis.

Meski diletakkan di dalam case yang sama, tidak serta merta membuat monitor semakin tebal. Inovasi teknologi justru membuat monitor all in one semakin slim, bahkan mendukung fitur touch screen.

All-in-one PC mempunyai banyak keunggulan, di antaranya seperti desain yang simpel, kepraktisan penggunaan, dan ruang penyimpanan yang lebih besar daripada laptop.

Lalu, bagaimana memilih all-in-one PC yang tepat?

Sebelum memutuskan memilih komputer all in one, ada baiknya Anda terlebih dahulu mengetahui kegunaan ke depan. Apakah digunakan untuk bekerja, bermain game, atau keduanya?

Semakin berat kebutuhan operasional, membutuhkan spesifikasi AIO yang semakin mumpuni. Namun, semakin besar pula biaya yang harus Anda keluarkan. Untuk itu, pertimbangkan memilih all-in-one PC sesuai kebutuhan serta anggaran yang ditetapkan.

Jika sudah menyortir kebutuhan, Anda bisa mengikuti 3 tips berikut guna memilih all-in-one PC yang tepat.

Perhatikan komponen all-in-one PC

Hal penting yang perlu menjadi perhatian sebelum membeli all-in-one PC tentu spesifikasi dan komponen. Hal tersebut meliputi prosesor, RAM, kartu grafis, hingga opsi penyimpanan internal.

Pertama, prosesor. Komputer all in one dengan prosesor Intel Core i3 cocok untuk mengolah data ringan pun kelebihannya adalah harganya yang lebih terjangkau. Jika Anda membutuhkan desktop guna pengeditan dan software berkapasitas besar, prosesor Intel Core i5 dan seri di atasnya lebih cocok untuk Anda pilih.

Kedua, Random Access Memory atau (RAM) merupakan ruang yang menjadi tempat aplikasi berjalan. Semakin besar kapasitas RAM, semakin cepat dan banyak pula aplikasi bisa berjalan dalam satu waktu.

Pilihlah besaran RAM sesuai kebutuhan. Ukuran 4GB umumnya cukup untuk komputasi sederhana. Anda juga bisa menambah besaran RAM jika suatu saat memerlukan kapasitas lebih besar.

Ketiga, kartu grafis. Fungsi dari kartu grafis yakni menampilkan visual atau grafis pada monitor. Terdapat tiga perusahaan besar NVIDIA, AMD, dan Intel. Bagi Anda yang bekerja atau bermain game yang membutuhkan grafis mumpuni, Anda bisa memilih PC all in one VGA NVIDIA atau AMD.

Keempat, penyimpanan internal. Besaran ruang penyimpanan AIO PC umumnya mulai 500 GB. Anda bisa memilih kapasitas 1TB ke atas jika penggunaan AIO PC untuk bekerja atau gaming yang membutuhkan spesifikasi besar.

Pilih fitur pendukung sesuai

Fitur tambahan seperti layar sentuh, kualitas audio, dan kejernihan kamera menjadi pertimbangan lain yang harus Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Kemudahan melakukan edit dengan fitur touch screen mungkin Anda perlukan sebagai desainer atau ilustrator. Input dan output audio mumpuni juga menjadi kesenangan tersendiri saat mengedit video. Kejernihan kamera sangat Anda butuhkan ketika melakukan pertemuan online.

Cek kelengkapan dan konektivitas dengan perangkat lain

Periksa jumlah port atau lubang koneksi pada PC AIO. Jumlah port yang terlalu sedikit tentu menghambat Anda dalam bekerja. Anda tentu tidak mau merogoh kocek lebih dalam untuk membeli adaptor tambahan, bukan?

Pastikan jenis port yang terpasang di PC AIO sesuai dengan device yang nantinya akan saling terhubung. Selain port USB, adanya port type-c dan HDMI akan membantu Anda untuk terhubung lebih mudah dengan jaringan berkabel.

Selain jumlah, pastikan letak port tidak saling berhimpitan. Jarak lokasi port yang terlalu sempit berisiko kabel saling berdesakan yang berujung diskoneksi saat menggunakan desktop atau all-in-one PC.

Sekalipun memilih desktop dengan harga paling terjangkau di kelasnya, Anda tidak perlu khawatir soal performa all-in-one PC. Teknologi yang tersemat pada model-model terbaru memiliki kecanggihan terkini dan tentunya mumpuni sesuai dengan kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *